Rabu, Oktober 28, 2009

Tips Singkat Biar-Ga-Keliatan-Cupu-di-Negara-yang-lu-ga-tau-bahasanya-samasekali

Di postingan kali ini, aku mau berbagi musibah tips2 bertahan hidup dan selalu tampil keren di negeri orang,, hahay!!

kenapa aku harus repot-repot berbagi rahasia ini?? apakah aku rugi?? alasannya sangat simple, saat ini aku cuma lagi pengen nulis sesuatu di blog, dan parahnya sampai 7 hari mendek ga tau mau nulis apa..jadi daripada nulis gag mutu, mending berbagi pengalaman aja,, nothing to lose, eh? yah,,  mudah2an Tips2 ini bisa menyesatkan berguna bagi kalian yang ntar siapa tau dapet kesempatan keluar negeri.. Who knows??

Pesan Sponsor :
jangan lupa jauhkan benda2 yang mudah dilempar (bayi, misalnya) dari kursi anda, karena siapa tau setelah membaca tulisan ini anda mencoba untuk melempar benda2 sekitar anda untuk melampiaskan kegirangan tersebut.

1. Selalu Gunakan Kata Sakti

Bukan "Bim Salabim" atau "Alakazam" ataupun "Hompimpa alaihum Gambreng".. namun bebar-benar kata sakti yang sangat membantu selama dinegara tersebut,, apalagi di daerah yang kalian gag tau bahasanya samasekali, alangkah baiknya untuk melafalkan "mantra" ini.. apakah itu..
itu adalah "please" dan "thank you"...
bahasa Indonesianya "tolong" dan "terima Kasih"..
bahasa Perancisnya "Pleasee" dan "merci"..
bahasa Spanyolnya "Please" dan "gràcies"
bahasa Greek "Parakalo" dan "ευχαριστώ (efharisto)"...
bahasa Bawah-laut-yang-sumpah-aku-bo'ong "snafdklhr fsdbfajjfjb" dan "sand;ahsfnsajdfg"
untuk lebih lengkapnya bisa liat disini dan disini. (buat bahasa Bawah-laut-yang-sumpah-aku-bo'ong masih belum terbit edisinya!!!)
silahkan aplikasikan mantra ini kemana saja dan dimana saja anda berada, mau ke mall, makan, ngopi di Cafe, ataupun  boker , setiap ketemu orang jangan lupa gunakan kata-kata itu (untuk yang boker,mudah-mudahan menimpa kalian jangan sampai kejadian dah disamperin orang,, trauma aku kayak kejadian Under Pressure di Kamar Mandi!!)

2. Belanjakan Uang Anda Sehemat-Hematnya

Kalau anda termasuk orang kalangan beduit, dan Uang bukan masalah bagi anda (duh,, sejak kapan??)silahkan SKIP tips ini, dan lanjutkan membaca ke tips berikutnya. tapi kalo anda adalah orang yang berfikir "besok makan apa yah" atau "nabung- buat-beli-laptop-biar-bisa-ngenet".. cara ini ampuh dalam mengatasi kebiasaan konsumtif pada saat jalan2 keluar negeri.

Ditambah lagi, anda dibebani fikiran oleh-oleh apa yang kira-kira murah-tapi-ga-murahan yang dipesen sama kerabat-kerabat yang anda kenal (dan pura-pura sok kenal pas tau kau keluar negeri padahal udah bertahun-tahun ga ngasih kabar,,syit!!)

Sebagai catatan pula, perhatikan negara tujuan anda, kalo negara yang akan kita tuju menyembah Dolar ($) sebagai mata uangnya, maka berhati-hatilah kawan dalam membelanjakan uang anda (sedolar = Rp.9.500 di Kanada).. kalo dinegara Bawah-laut-yang-sumpah-aku-bo'ong mungkin harga rupiah tak terjangkau,, jadi fikirkan kembali jika mau kesana!! kalo mau belanja mesti barter.. kayak jaman purba gitu,,, :-D


3. Berburu Toko Second hand, Farmers Market dan Exhibitions


Ini adalah kegiatan yang paling mengasikkan selama kalian diluar negeri apabila berwisata dengan biaya minim,, jangan kira label "second hand shop" didalemnya adalah barang2 ga mutu kaya toko "Cakar"  atau toko second hand di Indonesia..

Maaak,, aku dapet Jeans "Old Navi" dengan harga $1, Kemeja "Dickies" plus Topi dengan brand yang sama harga 50sen (mampus lo!!)*kalo gag salah Elmita dapet kemeja "Converse limited edition" dengan  harga yang sama deh*, sepatu kanvas "Nike" harga $1 (pas aku browsing di internet gag sengaja nemu gambar yang sama bentuknya sama tu sepatu dengan lebel sekitar $64), Hoodie "Jack Daniels"(pabrikan asli Canada wak!) + tas antik dari Costa Rica dan Topi Army Look dengan total belanja $1, beberapa boneka sawah buat oleh2 dan beberapa kaos Sport Hockey dan Base Ball ...hahaha What a great stuff for slacker shopaholics, dudes!!...

jangan kawatir degan kualitasnya,, dijamin kalo habis dicuci masih keliatan 80 %baru,, gag keliatan kalo bekas keteknya orang,, hahay...

Farmers Market beda lagi ceritanya,, sama kayak pasar traditional yang banyak bergelimpangan di Indonesia lah ceritanya,, cuma disni pasarnya rapi, bersih, punya lisensi (dan website !!), ga perlu kejar2an ama pamong praja ,, dan tentu saja..MURAH, Origianal dan Fantastis..

Kenapa murah?? kerana barang2nya langsung dijual dari tangan pertama tanpa lewat calo dan tentu saja fresh..kenapa original??karena dibuat oleh Farmers lokal yang berkumpul dalam satu organisasi besar dan bergerak untuk membangun perekonomian masyarakat lokal. jadi kalo kalian belanja di Farmers market, kalian juga ikut membantu perekonomian masyarakat sekitar (buset, kok jadi kayak pengamat pangan di majalah Trubus yak??) dan mengapa fantastis?? aku juga ga tau kenapa nulis gitu,, iseng ajah..hehehehehe.. pokoknya mari kita dukung Farmers Market, kita dukung pasar Tradisional,,,dukung Miyabi ke Indonesia,,,, uwoooooohhh..

Lalu mengenai Exhibition, rajin-rajin seh nyari inforasi di internet,, banyak kegiatan dari mahasiswa atau masyarakat lokal yag asik2 dan jual pernak-pernik unik dan kadang harganya agak miring (bacanya ga usah ikutan miring atuh...)

5. Puppy Face atao Cat Face


ngerti gag apa maksudnya Puppy Face atau Cat Face???
tu istilahnya orang kalo mau minta sesuatu kita harus pasang muka sememelas mungkin kayak Kucing atau Anjing-muka-najong-mau-boker gitu...












muka gua memang tua,, tapi TITIT gua gede!!
           
tolong  colokin mata gua dong




mengapa kita harus melakukan hal ini???

karena kalo duit dah semaput, tapi masih pengen jalan-jalan.. tinggal manfaatkan kawan saja dengan memasang wajah-mau-boker itu...contohnya,,

A: Weekend ini ada acara ga??

B: oh,, aku kayaknya mau ke Cape Breton deh,, pemandangannya indah,, jalur trackingnya keren abis coy.. apalagi landscapenya!! aduh inaaang,, Ranca' pisan euy....kamu gimana??

A: *pasang muka anjing/kucing-mau-berak* kayaknya ga ada deh..

B: ih tau gag,, di cape Breton itu banyak orangnya loh,, banyak mobil juga.. pkoknya mantap deh,,

A: *masih pasang muka anjing/kucing-mau-berak*...........

B; terus yah,, disana tuh,, kita bisa liatin sunset,, uhh,, mantep deh....eh,, kamu kenapa??? sakit perut ya??

A: *tetap pasang muka anjing/kucing-mau-berak*..............

B: eh kamu kenapa?? rabies yah?? minum obat gih..eh ... gua pergi dulu yah,, mau suting dulu (Pergi dengan gaya Cinta Laura di sinetron)..


yah cukup sekian Tips-tips dari saya.. kita jumpa lagi dilain kesempatan...
jangan lupa minum obat cacing sebelum tidur!!!!

PS: aku ada rencana buat tulisan yang lumayan seru,, idenya muncul begitu saja waktu jalan2 di taman kemarin.. tulisan ini berkaitan dengan tabiatku yang lumayan terkenal diantara teman-temanku.. aku lumayan dikenal sebagai orang yang kalo ngejawab pertanyaan seenak jidat mengkilat... dan lucunya kadang aku banyak mendapatkan masalah (ga sedikit orang yang sakit hati) karena kebiasaan ini..
nah,, niatnya,, aku mau buat tulisan percakapan singkat tentang bahasaku yang kadang menyakitkan hati orang,, namun kalo diperhatikan lumayan menghibur (seneng ye ngeliat orang sakit hati...)
untuk sementara hanya sebatas ide,, tunggu aja tanggal mainnya...

Boker dulu ah....

1 komentar:

Amink mengatakan...

wah,, makasih banget bagi yang udah ngasih reaksi najis( gag tau alasannya dimana.. mungkin karena ngeliat muka-anjing-mau-boker nya tampak nyata kali ya.. hihihihihi)
Dan owaaaau.. ada reaksi ganteng nya!!( nah ini lebih gag jelas lagi,, dimanakah letak ganteng muka anjing-kebelet-boker nya???,, tapi tak apa., segala reaksi mudah-mudahan diberi kebaikan sama Tuhan yah.. amin,,,^_^)

 

Catatan Mahasiswa Sableng (C M S) Copyright Protect Reserved and Edited by ♥chamink♥ © 2012