Selasa, April 27, 2010

BEWERE FROM THIS GAME; WEREWOLF!!!! AAUUUUUUUUUUUUUUUUU....

Apa yang membuat seseorang tergila-gila terhadap sebuah permainan sehingga ia selalu merasa ingin memainkan permainan itu dimanapun dan kapanpun? Well, sejauh yang saya tau faktor pertama adalah permainan itu dapat menstimulasi otak pemainnya dengan fantasi yang sangat hebat sampai-sampai ia merasa ingin menyelasaikan game yang ia sendiri tidak tahu dimana ujungnya. Dengan kata lain rasa penasaran yang berlebihan terhadap game itulah yang terus memunculkan kejutan-kejutan yang dapat membuat pemainnya bilang “ An**ng!! Kok bisa yah gitu” atau “hahahaha, Akhirnya kutemukan kelemahannya kau KUTIL BASIII!!!”


Kedua, biasanya multiplayer game jauh lebih mengasikkan dibandingkan dengan arcade game yang lebih mementingkan individu, bahkan sekarang permainan arcade sendiri lebih banyak peminatnya dengan dikombinasikan dengan jaringan internet sehingga peminat game pun semakin merasa terpuaskan dengan sensasi “rasa penasaran” yang saya sebutkan sebelumnya. Karena dengan bermain dengan banyak orang alias kroyokan , arah permainan semakin tidak terbaca dikarenakan terdapat berbagai macam individu yang bermain didalamnya.


Beberapa waktu lalu, ketka saya masih bergabung di program Pertukaran Pemuda Antar Negara , pada saat itu bertepatan dengan perayaan HALOWEEN, saya sempat mendapatkan beberapa permainan seru yang salah satu diantaranya bernama WEREWOLF. Permaianan yang bisa dibilang menyeramkan sekaligus menghibur,bisa dibilang party game, kecuali dengan mengkombinasikan permaianan akting sekalian belajar ilmu meyakinkan orang(hehe), fantasi serta keinginan nafsu membunuh yang tidak tersalurkan karena dilarang agama (yaiyalah!!), tuduhan, berbohong, menggertak, menebak-nebak, dan histeria massa!!!


Bagaimana cara mainnya?? Baiklah,, edisi kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana role play this blodier game! Check this out.

(SEBELUM MEMULAI,GAME INI TELAH SAYA MODIFIKASI SESUAI DENGA KEBUTUHAN PEMAIN, KALIAN BISA LIHAT ATURAN MAIN GAME MENURUT VERSI ASLINYA INI DISINI).


Werewolf adalah permainan sederhana yang bisa dipakai untuk grup yang besar (minimal tujuh orang saya sarankan). Peralatan yang dibutuhkan sangatlah sederaha, cukup sediakan kertas atau ,yang lebih mudah, bisa memakai kartu remi; permainan ini dilaksanakan dengan membuat lingkaran agar para pemain bisa melihat satu sama lain.


ROLE

persiapan 


Kumpulkan sekelompok pemain. Ganjil adalah yang terbaik, meskipun tidak mutlak wajib. Harus ada setidaknya tujuh pemain; sembilan atau sebelas lebih baik.(saya mengusulkan mulailah dengan jumlah kecil, apabila sudah menguasai bisa memulai dengan yang jauh lebih besar).


Buat satu set kartu, satu untuk masing-masing pemain, dengan peran tertulis di masing-masing:
* Satu "Moderator"
* Dua "Werewolf"
* Satu "Cenayang (Seer)"
* Semua sisanya "Villager/ village people"

Kocok kartu yang ada pada moderator (moderator bisa dipilih langsung atau mengunakan kartu bertanda moderator yang dikocok didalam seluruh kartu atau bisa juga dipilih berdasarkan orang yang pertama mati dalam permaianan). Setelah setiap orang telah memegang kartu masing-masing, sekarang mereka telah memiliki identitas dan telah siap memulai pertandingan. (untuk membuat kondisi permaianan lebih menyenangkan, para pemain bisa menganggap lingkaran pemain ini adalah sebuah desa, dan mereka bisa memperkenalkan diri mereka serta berpura-pura menjadi orang lain denga nama serta pekerjaannya *sangat menyenangkan*)

Dua pemain sekarang diam-diam adalah werewolves. Mereka mencoba untuk melakukan pembantaian diseluruh desa ini pada malam hari. Namun pada siang harinya semua orang adalah warga desa biasa, tetapi salah satu desa diam-diam memiliki Penglihatan Kedua, dan dapat mendeteksi keberadaan werewolf diantara mereka.

Bisa juga diawal pertandingan warga desa melakukan musyawarah dengan menentukan pimpinan desa mereka. (saya menggunakan kartu bertanda “sheriff”, dan orang yang memegang kartu ini memiliki dua suara ketika pengambilan suara pada saat Hari Pengadilan disiang hari).

THE GAME: Malam Hari dan Siang Hari

Permaianan dimainkan pada dua sesi, malam hari dan siang hari.

Malam hari

Moderator memimpin permainan dengan mengatakan kepada para pemain bahwa hari sudah malam dan mereka harus menutup mata mereka . Mungkin bisa mengatakan pengantar seperti ini:

“villager/ warga desa, hari telah malam, warga desa yang kelelahan kini mulai perlahan terlelap.”

Pada kondisi semua warga desa menutup matanya, moderator memanggil werewolf untuk membuka matanya, dengan mengatakan;

“werewolf, buka mata kalian”

Moderator kemudian memerintahkan mereka secara diam-diam untuk memilih korbannya denganmenunjuk salah satu pemain. (dalam hal ini , para werewolf HARUS melakukannya setenang mungkin dan tidak berisik, agar gerakannya tidak diketahui teman disebelahnya yang berakibat dicurigai sebagai werewolf!).

Setelah menutup mata Werewolf, Moderator kemudian dapat memanggil Cenayang (seer), dengan mengatakan;

“Cenayang, buka matamu. Identitas siapa yang ingin kau ketahui?” (cara melakukannya juga sama sepeti yang dilakukan werewolf, kali ini agar tidak ketahuan dan dibunuh werewolf :))

Pada saat cenayang menunjuk seseorang untuk dilihatkan identitasnya, moderator bisa membuka kartu pemain yang ditunjuk dan memperlihatkannya kepada Cenayang. (agar tidak terlalu mencolok pemain mana yang dibuka kartunya, moderator bisa berjalan keliling dan menggerakkan secara acak beberapa kartu pemain agar seolah-olah kartu mereka yang dibuka:))

Cara lain yang dapat digunakan, ketika Cenayang menunjuk target pemain yang ingin dibuka identitasnya, moderator bisa mengucapkan identitasnya langsung kepada Cenayang. Seperti “Dia werewolf!” atau” dia bukan Werewolf!”. Tentu saja ini bisa membuat para werewolf sedikit gemetar dengan pernyataan itu karena identitasnya diketahui oleh Cenayang.

Siang hari 

Siang hari dapat dimulai ketika moderator mengatakan “Dan pagi hari telah menjelang, warga desa perlahan terbangun dari tidurnya. Kalian dapat membuka mata semua sekarang”.

Kemudian moderator menjelaskan semalam terjadi pembunuhan ketika mereka sedang terlelap tidur, “seseorang terbunuh semalam, dan ia adalah.....”. orang yang disebutkan namanya maka tidak mengikuti pertandingan lagi dan dapat mengawasi pertandingan diluar lingkaran DENGAN TIDAK BICARA DAN MEMBERIKAN PETUNJUK APAPUN. ini selalu dilakukan setiap sesi siang hari setelah pembunuhan terjadi.

Maka apa yang dilakukan warga desa selanjutnya adalah melakukan persidangan untuk menghakimi seseorang yang dicurigai sebagai werewolf. Disinilah warga desa saling tuding dan menentukan seseorang untuk mati dan pemain yang dipilih warga akan meninggalkan permaianan seperti yang lainnya dengan menunjukkan identitasnya. Warga desa bisa menunjuk siapa saja, bisa saja yang ditunjuk adalah warga desa, werewolf, atau (ups) Sang Cenayang!!

Tidak ada pembatasan dalam hak bicara, pemain bisa mengatakan apa saja; kebenaran, , mengalihkan arah pembicaraan, menuduh, membantah bahkan berbohong.

Permaianan ini akan terus diulang prosesnya sampai salah satu pihak menang dengan kata lain semua pemain habis dibantai oleh werewolf ataupun dihakimi oleh masyarakat.

Ketentuan pemenang

Warga desa menang apabila membunuh semua werewolf. Begitupun sebaliknya.

Apabila berakhir dengan 2 warga desa dan 2 werewolf, maka pemenangnya adalah werewolf (analoginya, mereka akan berhadapan satu lawan satu).

Apabila berakhir denga 1 warga desa dan 2 werewolf, meka pemenangnya sudah tentu werewolf. Dan berlaku untuk sebaliknya.

Catatan:

Hanya jika ga faham dengan jalan permaianan, werewolf hanya beraktifitas dimalam hari, dan pada siang hari dia adalah warga yang berpura-pura dan mencoba untuk menghindari tuduhan dengan cara apapun.

Cenayang mencoba untuk mengungkapkan siapa werewolf (jika ia tahu siapa werewolf) tanpa terlihat terlalu mencurigakan serta menunjukkan identitasnya yang sesungguhnya agar tidak dibunuh werewolf dimalam harinya.

Warga desa hanya bisa menebak siapa werewolf dengan melihat siapa yang terbunuh, apa yang terjadi di hari sebelumnya, mengikuti apa yang dikatakan pemain lainnya atau melihat kecurigaan alasan salah satu orang yang dicurigai. Menuduh bisa saja dicurigai, tidak menuduh malah bisa lebih dicurigai. Ikut memilih dalam hari pengadilan bisa dicurigai, tidak memilih pun bisa dicurigai pula. Bagaimanapun juga, Cenayang mengetahui siapa pemain yang benar-benar jujur.

Beberapa Teknik menjadi moderator:

Moderator selalu berhati-hati ketika mengucapkan “werewolf, buka matamu” atau “cenayang, buka matamu” dengan mengucapkan langsung kearah orang tersebut. Karena bisa saja terdeteksi oleh pemain lain kearah mana moderator bicara dengan mendengarkan akustik dan arah suara (apalagi ketika terdengar werewolf pada saat moderator berbicara pada cenayang, sangat beresiko!).

Sangat penting untuk para pemain yang sudah mati agar tidak ikut bicara, agar permaianan bisa berlangsung dengan nyaman, dan tugas moderatorlah yang mengusahakan agar permainan tetap menarik bagi pemain.

Jangan sampai moderator terlalu banyak bicara diluar kapasitasnya, biarkan warga desa yang dipimpin Sheriff bisa melakukan pengadilan serta bermusyawarah apa yang mesti dilakukan.

Usahakan apapun yang dilakukan selalu jangan memihak werewolf atau warga desa, jadilah moderator yang baik dengan menambah improvisasi permainan dan menciptakan jalan cerita yang selalu susah ditebak.

Moderator yang baik tahu kapan harus bicara dan tidak ikut larut dalam konflik didalam lingkaran permaianan, ia harus tetap menjaga kerahasiaan dan membuat permaian berjalan sehat.
____________________________________________________________________________________




VARIASI YANG MEMUNGKINKAN DILAKUKAN
  • • Daripada membuat keadaan malam yang sangat sunyi dan menegangkan, bisa saja membuat semua pemain membuat keributan dimalam hari, agar apa yang dilakukan kegiatannya tidak terditeksi. (saya belum pernah mencobanya, tapi saya meragukan teknik ini)

  • • Apabila pemain diatas 10 orang, disarankan untuk menambah jumlah werewolf menjadi 3 orang. (saya pernah memainkan permaianan ini dengan 27 orang pemain!!*melotot* untuk kasus seperti ini saya menambah beberapa variasi karakter yang bisa melakukan pembunuhan beberapa sekaligus untuk mengurangi jumlah pemain lebih cepat) 

  • • Beberapa karakter yang saya tambahkan ( karakter a,b,c,dan d saya dapatkan ketika pertama kali memainkannya di Kanada); 


a. Little girl (gadis kecil): Selayaknya seorang gadis kecil. Ia selalu merasa tidak tenang apabila ada yang tidak beres dikampung itu atau ada yang berkeliaran, maka pemegang kartu gadis kecil selalu mengintip sedikit demi sedikit apa yang terjadi dimalam hari karena tidak bisa tidur (cara mengintipnya tentu jangan samapi terlalu mencolok, apabila werewolf tidak sengaja melihat salah satu pemain ada yang mengintip, maka dengan sangat jelas dialah yang menjadi korban mereka, bahkan ketika hari pengadilan gadis kecil sama tidak bebasnya seperti cenayang karena dia juga tidak ingin dibunuh dimalam selanjutnya karena terlalu mencolok dalam berbicara dan menuduh)

b. Hunter (Pemburu): seorang pemburu selalu membawa senjata dibalik identitasnya sebagai warga desa. Apabila dia dibunuh oleh werewolf atau diadili disiang hari, seperti pemain yang lainnya ia harus membuka kartunya, pada saat ia menunjukkan identitasnya maka pada saat itulah ia mengeluarkan senjatanya dengan membawa SEORANG pemain mati bersamanya. Hati-hati memilih , bisa siapa saja yang mati kawan!

c. The Witch (Penyihir): Penyihir memiliki satu kemampuan; Penyembuh atau Pencabut Nyawa. Ia bisa memilih salah satu diantara kemampuannya itu, setelah ia melakukan kekuatannya maka ia akan berubah secara otomatis menjadi Village People (The Witch bisa menyembuhkan dirinya sendiri, lhooo) moderator memanggil Witch dengan kalimat; “The Witch/Penyihir, buka matamu. Orang ini telah terbunuh oleh werewolf (ingat,sebagai moderator yang baik jangan terlalu kentara ketika menunjuk seseorang dan berbicara kepada Penyihir agar tidak mudah dideteksi oleh werewolf). Apakah kau ingin menggunakan kemampuanmu?(tunggu sebentar, ia akan mengangguk atau menggeleng)Menyembuhkan? (tunggu sebentar ia mengagguk atau menggeleng), Membunuh(tunggu sebentar ia mengangguk atau menggeleng). Baiklah, tutup matamu kembali.” Dan moderator akan mengumumkan di siang hari apa yang dilakukan penyihir semalam karena warga desa mendengar percakapan antara Witch dan Moderator.

d. The Lover/Cupid/ Forbidden Love: karakter ini selalu mengalami pembaruan ketika saya mulai melakukan riset (ciyeee bahasanya) mengenai karakter tambahan didalam permainan ini. Intinya sama saja, ketika pertama kali memainkannya, karakter ini memiliki 2 kartu yang sama persis, bergambar cinta atau bertuliskan The lover atau Cupid. Mereka adalah pasangan yang saling mencintai. Ketika malam pertama moderator akan memanggil mereka “The lover, buka mata kalian”, dan mereka akan saling melihat satu sama lain tanpa ada yang mengetahui selain mereka sendiri. Fungsi kartu ini adalah apabila salah satu terbunuh, maka yang pasangannya tidak akan kuat menjalani hidup tanpa salah satunya, maka dia juga mati dengan membuka identitasnya. Sekali pembunuhan dua pemain mati!!. Tujuannya sebenarnya selain menambah bumbu cerita permainan agar tambah seru adalah bisa membuat pemain berkurang lebih cepat (tidak direkomendasikan dengan jumlah pemain dibawah 7 orang) Karakter ini sedikit saya rubah(lihat disini) dengan nama forbidden love (cinta terlarang), mengapa? Agar permaianan lebih seru, kartu karakter ini saya buat satu saja, ketika moderator memanggil karakter ini dengan kalimat “forbidden love, buka matamu, tunjuk satu orang yang akan menjadi pasanganmu, dan orang yang saya sentuh buka matamu, tatap pasanganmu ini, perlihatkan identitasmu padanya, dialah pasanganmu sehidup semati” (ingat tugas modertor untuk mengaburkan jejak, bisa saja moderator berjalan berkeliling dan ketika melewati orang yang ditunjuk menyentuh pelan kepala orang itu dengan tetap berjalan keliling agar tidak diketahui). Mengapa ini semakin menarik, karena pasangan sang forbidden love bisa siapa saja, bahkan werewolf tanpa terkecuali!. Ini tentu bisa menambah intrik cerita semakin menarik, karena sang forbidden love akan melakukan apa saja agar ia dan pasangannya tidak mati.

e. The Thief(Maling ) : Karakter yang saya ciptakan tidak sengaja; tokoh penghancur karakter, biang onar dan pencipta histeria massa(haha). Kemampuannya sangat sederhana, mencuri kartu pemain lain dengan menukar kartu miliknya (bayangkan saja jika anda pemilik kartu werewolf atau segala kartu spesial lainnya tiba-tiba berubah dipagi hari menjadi kartu maling ini, hahahaha). Dan karakter ini sangat lihai dalam menghancurkan logika yang ada, apabila kita sudah bisa menebak siapa werewolf tiba-tiba mendengar moderator berkata “Maling, buka matamu,kartu siapa yang ingin kau tukar malam ini(pengalaman sayah, pada saat saya mengucapkan kata “maling” saja sudah menimbulkan histeria massa,hehehe), dan kitapun hanya bisa tersenyum pahitbkarena lagi-lagi jejak kembali mengabur, :).

f. Wolfbane (penangkal serigala) : banyak nama untuk tokoh ini, karena saya menemukannya didalam permainan yang serupa seperti mafia, vampir dll. Biasa dipanggil, undead alias tokoh yang tidak bisa mati. Tapi saya memodifikasi karakter ini lebih menarik (menurut sayah). Saya biasanya mengenalkan tokoh ini dengan cerita bahwa ada salah satu diantara warga desa yang memiliki keturunan khusus, keturunan yang selalu membawa obat turun temurun untuk menangkal serangan werewolf. Obat itu dinamakan Wolfbane, apabila tokoh ini digigit oleh werewolf dimalam hari maka ia tak akan mati(akan diberitahu moderator ketika siang hari), ketika siang hari ia mengetahui dibunuh serigala maka ia akan membuka kartunya dan berubah menjadi Van Helsing secara otomatis (terinspirasi oleh cerita Van Helsing yang menjadi musuh bebuyutan bangsa werewolf). Van Helsing adalah tokoh yang tidak memihak warga juga tidak memihak Werewolf atau segala macam tokoh jahat lainnya, ia bekerja sendirian, maka ia tidak diperbolehkan ikut memilih seseorang untuk dibunuh ketika Hari Pengadilan tiba. Ketika malam pertama setelah ia terbunuh maka Van Helsing akan diperintahkan untuk membuka matanya, kemudian werewolf “dipaksa” untuk membuka matanya juga oleh moderator. MEREKA AKAN SALING TATAP MATA UNTUK PERTAMA KALI. Dan sebagaimana pekerjaan Van Helsing, ia berhak untuk membunuh satu werewolf(maka dari itulah ia tidak punya hak suara, karena ia telah mengetahui identitas werewolf, sangat tidak adil bukan?). Sebagai catatan, Van helsing bisa dibunuh oleh werewolf. Karena ia adalah keturunan khusus, maka ia memiliki darah campuran setengah serigala ketika digigit dan menggunakan obat itu, maka dari itu ia berhak memilih memihak yang mana (dengan membunuh siapa saja yang ia mau satu kali semalam). Dan CATATAN PENTING mengenai kebangkitan Van Helsing, pemilik kartu Wolfbane hanya kebal terhadap Werewolf, tidak dalam hari Pengadilan, apabila dibunuh warga maka ia mati tanpa bisa membangkitkan Van Helsing. Kemampuan Wolfbane bisa dipindahkan, karena ini adalah obat, tergantung kondisinya, (tentu saja ini adalah atas perintah moderator dengan menanyakan pemegang kartu, , biasanya pemain ingin menghidupkan agar kemampuannya tidak sia-sia dengan memberikannya kepada korban werewolf dan ditukar kartunya denga pemilik aslinya). *karakter ini sangat complicated, disarankan agar jangan menggunakan kartu ini sebelum menguasai permainan ini, karena diperlukan penguasaan terhadap keseluruhan permaianan dalam menjalankan “cerita”, serta disarankan menggunakan tokoh ini dengan jumlah pemain diatas 15 orang).

g. Vampir (saya menamakannya Vampiranak) : tokoh ini terinspirasi oleh tokoh di permainan Mafia, vampir, dll ditambah perdebatan seru dengan kawan disekretariat saat sayah ingin menambah karakter baru serta pembicaraan di komen Facebook . mengapa namanya demikian? Karena ini adalah tokoh yang saya ciptakan karena ia adalah hasil persilangan antara Vampir dan Kuntilanak. Hehehehe, (serius ini). Vampir, logikanya, apabila menggigit werewolf tidak akan menjadi masalah karena werewolf akan langsung mati, tapi bagaimana dengan manusia? Maka ia akan menularkan kemampuannya yang menjangkit itu kepada manusia, maka permaianan ini tidaklah seru karena akan dirubah judulnya Vampir v.s Werewolf, hahahahaha. Pada saat itu hasil komen di fesbuk mengatakan bahwasanya si kucing ingin memainkan tokoh Kuntilanak dengan nada bercanda, saya bertanya apa kehebatannya, katanya “ia bisa makan siapa aja, ya werewolf, ya village people, siapa aja yang ia mau, biar werewolf ada musuhnya, hahahaha” . saya terkesiap (halah).....*krik..krik...kriiik* maka saya pun mendeklarasikan tokoh ini saya dedikasikan untuk si Kucing Gembrot. Tugas pemegang kartu ini adalah membunuh siapa saja yang ia inginkan, termasuk werewolf. Menurut cerita karena Vampir adalah pimpinan klan serigala, maka ia berhak mengetahui siapa werewolf, tapi sebaliknya, werewolf tidak mengetahui siapa Vampir sebenarnya. Maka trik moderator adalah dengan mengucapkan kalimat ; “Vampiranak buka matamu. Orang ini adalah werewolf (dengan menunjuk pemain pemegang kartu werewolf). Sekarang kau tahu siapa mereka, siapa yang ingin kau bunuh malam ini?”. *PERINGATAN: ini kartu sangat kompleks seperti halnya Wolfbane, maka jangan memainkan apabila tidak bisa menguasai arah permainan ini, ini hanya direkomendasikan kepada pemain tingkat lanjut yang telah memainkan permainan Werewolf sebagai agenda rutin. Disarankan menggunakan karakter ini jika pemain diatas 15 orang*.

h. Warlock / Merlin (pimpinan penyihir): penggunaan kartu ini sebenarnya sangat disarankan apabila pemain melebihi kapasitas kemampuan moderator (contohnya kayak kasus saya, 27 pemain!!) sangat efektif dalam kasus pengurangan jumlah pemain dalam sekejap !. Sayah mendapatkan tokoh ini dalam permaian Mafia, namun saya modifikasinya sedikit. Kemampuannya sebagai pemimpin penyihir bisa melihat pemegang kartu khusus(maksudnya semua pemegang kartu selain village people adalah kartu berkemampuan khusus) ketika malam pertama. Moderator akan membimbing dengan kalimat pembuka ; “Warlock buka matamu, dan kalian semua pegang kartu khusus, buka matamu!” Warlock akan mengangkat tangannya untuk menunjukan dirinyalah Warlock, dan moderator memberikan waktu beberapa detik untuk Warlock melihat keseluruh pemegang kartu khusus( tentu saja didalamnya ada Werewolf, tapi kan tidak hanya mereka yang buka mata:)). Ketika siang hari datang maka Warlock akan menggunakan kemampuannya. Kemampuannya adalah menunjuk 3 pemegang kartu dan orang yang ditunjuk akan mati dalam sekejap dengan membuka kartu mereka. Resikonya bisa kartu khusus apa saja yang mati dan tidak akan digunakan dalam permaianan. (paling seru kalo yang mati Forbidden love dan The hunter, hehehe, karena yang mati jumlahnya akan bertambah). Dianjurkan menggunakan karakter ini dengan jumlah pemain minimal 15 orang.

i. The Frame (Kedok/kambing hitam) : saya mendapatkan inspirasinya dari permainan Mafia, pemilihan karakter ini didalam Mafia adalah orang yang bekerja kepada mafia dan menjadi alat mereka selama permaianan berlangsung. Ia hanya tau menjalankan tugasnya tapi tidak mengetahui siapa bosnya. Mafia akan memilih salah satu pemain yang akan menjadi Frame mereka, dan tugas moderator mengganti kartunya menjadi tulisan mafia. (karakter mafia tinggal diganti werewolf untuk menyesuaikan). Moderator bisa mengucapkan; “werewolf, buka matamu. Tunjuk seseorang yang akan kau pilih menjadi The Frame kalian” Orang yang kartunya terganti ini sebenarnya hanyalah warga biasa dengan kartu khusus, ia tidak dapat membuka matanya ketika werewolf dipanggil agar ia tidak mengetahui siapa bosnya. Apabila ia terbunuh, warga sangat senang karena mengetahui werewolf yang mati, tapi kemudian moderator akan mengucapakan “ia adalah The Frame, kedok werewolf untuk mengaburkan jejaknya” maka kecewalah para warga, hehehehe. catatan khusus; The frame harus tidak diketahui siapapun kecuali dirinya sendiri dan werewolf, bahkan ketika cenayang ingin melihat identitasnya moderator akan mengatakan bahwa dia werewolf.

j. The Spirit (roh) : saya dapatkan dari sini. Silahkan baca. :). Penggunaan Spirit tergantung dari warga ingin menggunakannya atau tidak. Apabila ingin menggunakan maka pemain yang mati secara otomatis akan menjadi Spirit dan ikut menutup mata apabila diperintahkan seperti pemain lainnya. Ia akan membuka matanya apabila diperintahkan oleh moderator. Fungsinya sama dengan Cenayang, menunjuk seseorang untuk dilihat identitasnya. Warga akan ditanya pada saat persidangan ingin menggunakan jasa spirit atau tidak, jika iya, maka moderator akan memilih seseorang untuk perwakilan spirit dan menunjuk pemain mana saja yang ia inginkan. SPIRIT DILARANG BERBICARA KETIKA MENUNJUK. Kekutannya akan hilang ketika ia menurunkan tangannya (ia bisa mempertahankan tangannya selama mungkin). Dan setelah jasanya dipakai maka Spirit bebas untuk membuka matanya untuk mengikuti permaianan dengan mengawasi TANPA MEMBERIKAN PETUNJUK APAPUN. Trik yang biasa dilakukan biasanya semakin lama menggunakan jasa Spirit maka semakin banyak informasi yang dapat diterima oleh mereka. Bisa dikatakan ini adalah senjata untuk village people dalam mencari siapa Werewolf sebenarnya.

k. The Convert (perubah bentuk) : senjata untuk werewolf ketika penggunaan spirit diberlakukan (supaya adil). Werewolf akan menunjuk salah satu warga untuk dirubah menjadi kawan mereka. Moderator akan mengatakan “werewolf, pilih seseorang untuk dijadikan kawananmu, orang yang saya sentuh adalah werewolf yang baru”.

l. Dr. Jekyll and Mr. Hyde : Familiar dengan tokoh ini? Tokoh ini muncul di cerita The Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde atau Dr Jekyll and Mr Hyde karangan Robert Louis Stevenson. Bercerita tentang seorang dokter yang melakukan percobaan yang kemudian berakibat merubah dirinya menjadi Manusia Serigala. Malam hari ketika werewolf dipangil ia pun merasa terpanggil untuk bergabung bersama mereka berpesta pora dalam melakukan pembantaian terhadap warga desa. Namun disisi lain ia adalah Penyembuh bagi warga yang terluka. Tugas Dr. Jekyll adalah menyembuhkan satu orang setiap malam tanpa terkecuali, setelah pembantaian terjadi ia pun akan dipanggil menjadi Dr. Jekyll oleh moderator. Karakter ini masih menjadi KONTROVERSIAL TINGKAT TINGGI. Sayah terus terang tidak berani menggunakan karakter ini kepada pemula, hanya untuk pemain yang mempunyai jam terbang yang tinggi saja. Mengapa? Memainkan dua karakter sebagai pembunuh sekaligus penyembuh dibawah tekanan werewolf dan warga sangatlah tidak mudah, saya menganggap permaianan ini serius sekali, maka dari itu saya tidak ingin karakter ini jatuh ditangan yang salah. Beberapa kasus yang terjadi, karakter ini lebih condong memihak werewolf. Misalnya dalam hal menyembuhkan. Karena ia tahu siapa yang dibunuhnya, ketika disuruh menyembuhkan malah ga mau, piye tho,ada dokter ketemu orang yang sekarat kok milih-milih nyembuhinnya. Tapi kalo yang mati adalah werewolf dengan semangat ia mengangguk. Yang lebih parah, ketika saya memancing sampai mana pemahamannya terhadap karakter ini, saya berkata ;”Dr. Jekyll orang ini terbunuh( atau kalo saya lebih extreem,Little Girl terbunuh!) kau ingin menyembuhkannya?” biasanya karena masih merasa bagian dari werewolf ia langsung menggeleng!! Sebaliknya, ketika seorang werewolf dibunuh oleh Vampiranak maka ia dengan semangat mengangguk, karena tidak ingin kehilangan kawan membunuh. Padahal, menurut cerita, ketika Dr. Jekyll sadar, ia tidak ingat apa yang dilakukannya beberapa waktu sebelumnya. Dan sebagai seorang Dokter ia seharusnya menyembuhkan siapapun yang ingin membutuhkan pertolongan karena ia adalah harapan bagi warga desa (di sisi lain ia adalah salah satu momok karena ketika otaknya menjadi Mr. Hyde ia adalah werewolf!) hanya orang yang mampu menggunakan dua karakter dan dalam sekejap merubah karakter yang sangat berlawanan dalam hitungan detik yang sanggup menyandang kartu ini. Terus terang saya sangat merekomendasikan untuk TIDAK menggunakan karakter ini dalam frekuensi yang sering.

m. Police( polisi) : sebenarnya hanya sebagai penambah intrik cerita, tugas polisi adalah menangkap seseorang pemain. Sayah yang menciptakan karakter ini. Orang yang ditangkap oleh pak polisi akan menutup matanya, tidak mengikuti permainan sampai pagi berikutnya. Orang yang ditangkap tidak memiliki hak suara, tidak bisa dibunuh, tidak bisa membunuh, tidak bisa mengaktifkan kartunya, pokoknya vakum satu putaran. (yang paling repot kalo pemegang kartu polisi adalah werewolf, biasanya dia nangkap temennya supaya gag dibunuh dalam keadaan mendesak, hehehe, atau Forbidden love untuk menyelamatkan pasangannya dari pembunuhan).

(edit) o. Politican:  karakter tambahan ini sayah dapat dari file yang tak saengaja saya unduh, hehehehe. polotocan dapat "membeli" 1 suara pemain setiap malam, penggunaan yang tepat karakter ini bisa membuat warga desa memenangkan permaianan,  karena semakin lama ia bertahan, semakin banyak pengikut yang ia "beli" untuk mengikuti suaranya. peraturannya adalah, pemain yang telah dibeli HARUS selalu mengikuti suara politican setiap pengambilan suara.

(edit) p. Bomb/Terorist/Sucide Bomberman: pemakaian kartu ini sangat simpel, apabila pemegang kartu ini terbunuh, bagaimana pun caranya ia terbunuh, maka kartunya akan meledak, pemain di kiri dan di kanannya ikut meledak. hahahahahhahahahaha


Yah seperti itulah kesibukan sayah sekarang, sayah dipanggil bapak dosen oleh kawan-kawan yang menikmati permainan ini, hehehehe. Mereka mengangap serius sekali permainan fikiran dan karakter werewolf. Biasanya sih kita mainnya malam sabtu atau malam minggu, karena waktunya lebih panjang(soalnya besoknya gag ada kuliah sih). Bisa sampai subuh mereka bertahan kalo udah main ini. Bahkan tulisan ini sayah buat semata-mata jika mereka ingin menyebarkan virus kepada kawan-kawannya diluar sana bagaimana perasaan deg-deg an ketika mendapatkan karakter khusus didalam permaianan ini atau jika mereka ingin menikmati permainan dengan membaca lebih dalam karakter yang ada didalamnya. Sangat menyenangkan memang, tapi ya itu, kadang sampai lupa waktu. Siapa sih yang gag mau membunuh seseorang tapi yang dibunuh bisa hidup lagi bahkan dibunuh berkali-kali atau membunuh balik?, hehehehe.*hasrat ingin membunuh orang yang sudah tersimpan lama. kikikikikikik*

Ga nyangka aja, hanya permainan yang saya anggap sederhana penghibur pesta ini, saya bisa membuatnya sangat menarik dan mereka yang menikmati permainan ini merasakan tidak ada gap diantara mereka sendiri, tidak bicara angkatan, fakultas, jurusan, tua, muda, pemabuk, gender dan segala macam tetek bengek lainnya, tujuannya satu; Sama-sama menikmati permainan yang menguras otak dan strategi ini. Untuk kalian yang aktif di organisasi, permainan sangat bagus untuk menarik massa dan mengakrabkan diri dengan sesama pengurus atau calon pengurus. Yah itung-itung supaya kegiatannya gag monoton denganmenampilkan kegiatan yang menarik! (asal jangan lupa waktu ya.

Untuk sejarah, dan segala macam link yang mendukung bisa langsung lihat disini yah. Seperti kata-kata “mahasiswa” sayah. AYOOOK KITA WEREWOLVING!!!

Selamat membunuh.:D

26 komentar:

Tiara Verdiana Putri mengatakan...

BAGUSSSSS >.<
ini hanya direkomendasikan kepada pemain tingkat lanjut yang telah memainkan permainan Werewolf sebagai agenda rutin. ---> hahahahha the seniour :D

Evangelina Irish Netharien mengatakan...

haaa..
recomend buat yang jarang maen juga donk..
**dengan alasan tertentu (gg bole nginep dikampus krn nunguk gg bolein)
kan kasian yg mauu mendalami, tapi terbatas ruang dan waktu.. (hadaaah)

dan sebagai pencetus pembangkit karakter baru (vampiranak.red)
masaa cha segembrot itu seh nguk.. >_<
astagahaaaa..
kejamnya heh..

ckk.ckk.ckk.. kasian,,kasian kucing gembrot.. >_<

Evangelina Irish Netharien mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Amink mengatakan...

nyindir bubuhan ikam tu mun...hahahahahaha

iya nduud,, kan yang ngelarang bukan cuma mink,, tapi orang rumah juga thooooo????

@nuyyfp mengatakan...

huaaaaa udaa seminggu aku gag werewolfing >.<
gara" kejadian hororrr wktu ituu
hahahaha
ayoooknah pak dosen kuliah lagiii :D

Amink mengatakan...

yuk mari nyyy,, nunggu anak-anak balik mentalnya dulu yah,,, mungkin malam mingg???ehhee

Evangelina Irish Netharien mengatakan...

ikuuuuuuuuuuuuuuuuud...!!! ^__^

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Minta file kartunya dong :D

Anonim mengatakan...

Keep writing :D

Unknown mengatakan...

aasli asik banget ga nyesall deh pokoknyaaaa seruuuuuuuuuuuu

Fidell R mengatakan...

gilee udah dari 2010 dan gw baru nemu sekarang. hiks

tulis(e)an mengatakan...

Wah keliatannya seru nih,permainan yang membutuhkan banyak pemain tapi kurang terkenal di Indonesia. Mantap gan, ada rekomendasi permainan lain yang seru juga nggak? Biar temen temen juga nggak sibuk sama HP mereka masing masing,tolong dibalas ya :)

Unknown mengatakan...

Pengin main juga, tapi percuma kalo pas malem hari'nya pada ngintip2

Ubed mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ubed mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
konita luptiya mengatakan...

Huaaaa kayaknya seru tapi kalo ga di praktekin pusing sendiri ngebayanginnya. Yang udah sering bisa bikinin tutorial videonya kaliii hehe

Ubed mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sayapola26 mengatakan...

Gan minta link kartunya dooonnkkk

Ubed mengatakan...

The Werewolf Game

Kelengkapan :
- 37 Kartu
- Box
- Rules Of The Game (Bahasa Indonesia)

Format Pembelian :
- Atas Nama
- No. HP.
- Alamat Lengkap

Bahan AP260 (durable), Harga Rp. 60.000,- (ongkir ditanggung pembeli)
CP. 085 731 790 714 (TELP, SMS, WA or LINE)
Pengiriman Via JNE (Silahkan cek ongkir di jne.co.id)
Lokasi Kab. Mojokerto

Penampakan :
http://jualkartuwerewolf.blogspot.co.id/

Uda Ojan mengatakan...

maen pake ini nih broo.. http://werewolf.esy.es/ << ga perlu kartu .. hahaha

Unknown mengatakan...

numpang promo group ya.
buat kalian yang mau nyoba rasain main werewolf tapi amnesia, lupa role dan seru-seruan di group dalam bahasa indonesia. bisa join di : https://telegram.me/amnesiaID
sebelumnya download dlu ya aplikasi telegram
telegram.me
thankyou

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Main lah ayu rameinhttps://telegram.me/WWAntiKitaKitaClub

The Creator mengatakan...

Sekali lagi apa tugasnya the frame?? 😮😮 mr hyde bukann werewolf 😕 klo werewolf bunuh van helsing & van helsing mihak warga brrti bsa lgsg vote werewolf keluar dong?

 

Catatan Mahasiswa Sableng (C M S) Copyright Protect Reserved and Edited by ♥chamink♥ © 2012