Minggu, Maret 25, 2012

The 21 Project

Entahlah.. Setelah obrolan singkat dengan para alumni program pertukaran pemuda semalam sering membuat sayah berfikir. Mungkin juga ada hubungannya dengan hati.

Semua ini bermula sejak Arun mulai bercerita tentang kegundahan hatinya yang udah ga punya passion serta spirit dalam mnjalankan segala macam aktivitasnya. Katanya sih ini udah menjadi titik jenuhnya dalam memandang dan menjalani rutinitas. Ingin mencari tantangan baru serta berkutat dengan semua bumbu dunia yang kadang memberi kejutan-kejutan yang menggetarkan hati dan tak berprasangka. Mas Erwin, salah satu senior dikampus (dan diluar kampus, hehe), walaupun satu angkatan program, menanggapi segala keluh kesah Arun dengan sangat bijak *pengararuh umur, om*

Ada satu kata-kata bijaknya yang dia kutip entah dari buku atau memang pengalaman pribadi. Dia bilang terkadang menjalani hidup itu perlu melakukan sesuatu yang berbeda, bahkan setiap hari, hidup juga lebih berwarna dan tidak membosankan. Sesuatu yang kita fikir kita tak pernah kita lakukan sebelumnya, sebuah ide yang hanya dikepala, atau sekedar mengenakan sesuatu diluar kebiasaan kita. Tidak perlu yang extraordinary, yang sederhana saja. Semisal hanya sekedar mengantarkan orang yang kebetulan bertemu dijalan dengan inisiatif sendiri ketika berkendara, mengenakan baju bunga-bunga, atau mengenakan dasi ketika pergi kuliah! Sesederhana itu. Beliau juga sempat bilang, terkadang untuk orang yang benar-benar ga tau harus ngelakuin apa, merasa hidupnya membosankan dengan rutinitas yang nyambung pagi-malam-kembali pagi-malam-dst-dsb-dll.... untuk melakukan hal-hal ini juga bisa menjadi opsi perubahan yang baik untuk move-on. Anggaplah kita membuat jurnal sebanyak 21 hari tentang melakukan 21 hal yang berbeda setiap hari, dengan 21 kejutan dimasing-masing hal terjika ada sehari saja gagal melakukannya maka hitungan yang harus dilakukan kembali lagi dari awal. Kenapa 21? entahlah, kata beliau sih emang segitu jumlahnya, bisa aja sih di modif, tapi 21 juga udah lumayan kok untuk melakukan hal diluar kebiasaan kita. Lagian, siapa sih yang ga bakal ga bosen dengan melakukan 21 hal yang berbeda setiap hari? lagipula sehari cuma sekali toh?

Untuk itulah sayah berinisiatif melakukan hal yang serupa, dengan menamakannya project 21. Toh 21 hal yang berbeda mudah-mudahan bisa menjauhkan sayah dari hal-hal negatif yang belakangan sering merasuki sayah. Atau setidaknya sayah punya hal lain untuk difikirkan selain "dia".

Semakin sedikit bagi sayah menjadi racun dan pengganggu kehidupan baginya mungkin lebih baik. Atau mungkin pengganggu hubungan. Menjadi orang yang tak diharapkan bukan opsi saat ini. Saat harapan itu semakin kuat, bukannya asa, namun abu yang digenggam saat ini.

well, semakin malam semakin melantur.. Makasih bagi yang udah mau baca dan ga beranjak pindah ke cenel yang lain ketika baca postingan kali ini. Untuk kalian, walaupun kita tidak berkomunikasi secara dua arah, semoga kalian membayangkan senyumku kali ini.. bukan senyum yang menyenangkan memang, tapi mungkin seperti aku melihat dan membayangkan senyum kalian, aku merasa tenang, ketika senyum itu ditujukan ikhlas dan penuh niat untuk memberi semangat.

sayangi orang yang menyayangi kalian, sebelum dia berkata terlambat.






1 komentar:

Lukisan Langitkuu mengatakan...

sepakat kaaaaa... apalagi yang kalimt terakhir,hha

 

Catatan Mahasiswa Sableng (C M S) Copyright Protect Reserved and Edited by ♥chamink♥ © 2012