Selasa, September 15, 2009

punya blog buat pertama kali

 lucu memang,, hari gini buat pertama kali aku punya blog.. udah ketinggalan 10 tahun kali ya,, wakakkakakak.....
begitulah,, kadang2 kita merasa jauh banget sama orang barat sono.. wah,, parah mah..kalo udah ngomongin ini,, kadang aku ngerasa malu sendiri...liat ya, saat mereka udah pindah dari komputer ke laptop kemudian ke smart phone,, kita masih berkutat dengan facebook dan autis dengan yang namanya blackberry...saat mereka lagi gencar2nya soal recycle sampah,, kita malah degan bodohnya buang2 barang yang masih bisa bermanfaat buat orang banyak (contoh ni ye,, mereka care banget soal kertas yang biasa kita pake nulis itu,,sampai2 kalo mau nulis sesuatu mereka punya departemen khusus disetiap kantor yang nyediain kertas bekas fotocopy rusak,printing,ato kertas2 yang udah ada coretannya tapi dibagian belakangnya kosong buat dipake lagi nulis,, dan kalo udah penuh, mereka ngebuang kertas itu ditempat sampah khusus yang kemudian cepat banget didaur ulang dan kemudian bisa dipake lagi sebagai kertas baru atu berbagai macam benda yang berguna). yah, ini adalah salah satu bentuk "kemaluan" aku saat aku berada dilingkungan mereka dan tinggal untuk mengamati keadaan sekitar mereka.
tapi, buat hari pertamaku diblog ni ye,, males sebenarnya buat ngehina2 bangsa sendiri sekarang... ntar deh ya,, masih banyak kesmpatan kayaknya,, hehehehehe...
kalo mau liat hal yang bisa dibanggain dari negara kita, kita patut berbangga hati sebenarnya tentang culture di negara yang katanya negara kepulauan ini.. sangking mantepnya,, tiap pulau punya bahasa daerah mereka sendiri untuk berkomunikasi. misalnya,, bahasa pulau Kalimantan pasti berbeda yang digunakan dipulau Sumatra, begitu juga dengan bahasa daerah pulau Jawa. Kamu tau apa yang kufikirin?yang lucu adalah ketika aku bayangin karena penduduknya miskin dan tidak dapat bepergian keberbagai pulau jadi mereka terkurung dipulau itu sendiri kemudian menciptakan bahasanya sendiri, mungkin, in9i hanya mungkin lho ya, ini adalah asal mula bahasa daerah. dan untuk SATU pulau saja, bisa terdapat berbagai macam bahasa daerah dan logat yang beraneka macam,,,, contohnya pulau Kalimantan yang dibagi mnejadi, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. untuk Kalimantan Timur (maaf kalo contohnya Kalimantan,, soalnya ni kampung halaman saya,, hehehehehe)Bahasa-bahasa daerah di Kaltim merupakan bahasa Austronesia dari rumpun Malayo-Polynesia, diantaranya adalah Bahasa Tidung,Bahasa Banjar, Bahasa Berau, dan Bahasa Kutai. Bahasa lainnya adalah Bahasa Lundayeh. belum lagi bahasa dari berbagai Kalimantan bagian Selatan, Barat dan tengah... dan bayangkan banyaknya bahasa dimasing2 pulau yang ada dimasing2 daerah.. (gag usah cape2 ngitung,, cukup bayangin aja,, hehehehehe). dan itu baru bahasa,, balum jenis makanan, pakaian, tradisi setempat, lagu, dan berbagai macam embel2 "CULTURE"... kita kaya man!!!!!!

0 komentar:

 

Catatan Mahasiswa Sableng (C M S) Copyright Protect Reserved and Edited by ♥chamink♥ © 2012